Menentukan Fotografer Pernikahan, Ajukan Dulu 20 Pertanyaan Ini

Fotoweddingbandung.com – Listing vendor yang terlibat di hari pernikahan Anda tentu tidak mudah, Anda harus memastikan bahwa vendor yang terlibat pada hari istimewa Anda adalah tim yang tepat. Terutama soal fotografi, yang tersisa dari acara yang akan Anda gelar adalah dokumentasi fotonya bukan. Selain mengandalkan chemistry, Anda pun perlu tahu kiprah fotografer pernikahan yang Anda pilih serta memastikan hal – hal detail pada pernikahan Anda tidak terlewatkan. Dan ini dia, Foto Wedding Bandung merangkumnya di sini, berdasarkan pengalaman kami sejak 2012 di bidang pernikahan. Anda calon pengantin, wajib menyimaknya.

foto wedding bandung, blog wedding, wedding photography, international wedding
fotoweddingbandung.com

20 Pertanyaan Untuk Fotografer Pernikahan Anda

  1. ” Apa jenis style foto yang biasanya tim Anda pakai ? “
    Meskipun style foto sudah bisa dilihat dari sample yang Anda temukan lewat official website atau sosial medianya, tidak ada salahnya menanyakan kembali guna memastikan. Style setiap fotografer tentu saja beragam : Mulai dari artistik, tradisional, natural, hingga style jurnalistik.
  2. ” Ada berapa wedding di tanggal yang sama dengan tanggal pernikahan saya ? “
    Jika jawabannya lebih dari satu, pastikan Anda mendapat kepastian mengenai tim yang akan turun pada pernikahan Anda. Jika ternyata tim yang sama melakukan  2 wedding di hari yang sama sekaligus, pastikan Anda memiliki jaminan bahwa fotografer nanti akan memiliki cukup waktu dan stamina yang baik untuk membuat masing – masing wedding mendapat hasil yang maksimal.
  3. ” Sudah berapa banyak pernikahan yang Anda dokumentasikan selama ini ? “
    Ini super penting, karena jam terbang fotografer yang tinggi akan mempengaruhi hasil foto dan tingkat kepercayaan Anda kepada fotografer. Tidak hanya cukup dengan foto bagus, karena pengalaman juga cukup penting dalam menangani foto pernikahan, fotografer yang telah berpengalaman dipastikan akan mampu membantu pernikahan secara tidak langsung dan sudah mengetahui apa yang harus dilakukan terutama jika Anda memiliki ceremony yang panjang. Foto Wedding Bandung sendiri selama kurang lebih 6 tahun berdiri telah memotret lebih dari  200 wedding dengan berbagai ceremony mulai dari tradisional hingga internasional.
  4. ” Pernahkan Anda memotret di venue pernikahan saya ? “
    Jika jawabannya belum, ajak atau minta fotografer Anda untuk mengunjungi venue.
  5. ” Apakah nanti akan membawa lighting sendiri ? “
    Jawabannya harus YA, karena kebutuhan lighting pada saat acara pernikahan akan sangat dibutuhkan meskipun venue cukup terang atau didukung dengan lighting dekorasi. Namun jika Anda menemukan fotografer yang menjawab TIDAK, minta jawaban secara detail bagaimana fotografer tersebut akan memotret secara maksimal tanpa lighting sendiri.
  6. ” Apakah Anda punya shoot list ? “
    Kebanyakan fotografer pernikahan memilikinya dalam otak mereka ( untuk yang jam terbang tinggi ) sehingga mereka akan menjawab dengan detail apa saja yang biasanya menjadi daftar foto dari awal persiapan hingga akhir. Beberapa memilikinya secara tertulis, jika fotografer Anda memilikinya, coba minta mereka untuk memperlihatkannya. Namun jika fotografer tidak memiliki shoot list, ada baiknya Anda menyediakannya. Sederhananya, berikan saja mereka rundown acara pernikahan Anda.
  7. ” Bisakah saya minta beberapa foto tertentu ? “
    Jika jawabannya YA, pastikan Anda dan fotografer mendiskusikannya agar foto yang Anda minta benar tercipta. Misalnya, Anda ingin ada sessi foto dengan pasangan setelah akad/ pemberkatan di venue. Atau Anda menginginkan fotografer memotret setiap detail acara seperti dekorasi atau makanan atau apa saja yang Anda pikir perlu ada untuk kenangan Anda nanti. Foto Wedding Bandung sendiri sudah pasti bisa memenuhi keinginan Anda.
  8. ” Berapa jam kerja yang termasuk dalam paket yang saya pilih ? “
    Tipikal fotografer wedding biasanya sudah berada di venue sekitar 1 – 2 jam sebelum acara utama. Jika Anda menanyakannya kepada kami, Foto Wedding Bandung bahkan tidak melewatkan sessi persiapan baik itu di pihak pengantin perempuan, maupun pengantin laki – laki.
  9. ” Jika ada tambahan acara, berapa biaya yang harus saya bayar ? “
    Jika Anda memiliki tambahan acara, maka sebaiknya Anda menanyakannya dari awal. Misalnya saja ada pengajian selepas resepsi atau private dinner dengan teman – teman terdekat Anda. Ada pula yang memiliki tambahan acara sebelum hari H seperti siraman, pengajian atau midodareni. Untuk yang satu itu, biasanya fotografer memiliki tambahan biaya atau paket tersendiri yang sudah termasuk di dalamnya.
  10. ” Ada berapa fotografer yang nantinya akan turun ? “
    Pastikan ada minimal 2 fotografer yang bertugas, Anda tidak mau bukan jika terjadi miss moment pada acara pernikahan Anda.

    Baca juga : Menikah di Tahun 2018, Ini Dia Trend Pernikahan Yang 2018

  11. ” Berapa banyak foto yang didapat ? “
    Rata – rata jumlah file pada sebuah acara pernikahan sekitar 1200 – 1500 foto file mentah. Namun biasanya Anda hanya akan memilih sekitar 150 – 400 foto yang nantinya akan masuk ke dalam album.
  12. ” Berapa lama yang dibutuhkan untuk proses file hingga saya mendapatkan semua file dan cetakan ? “
    Soal ini,  setiap vendor memiliki timeline yang berbeda- beda. Normalnya adalah sekitar 1 – 2 bulan hingga semuanya didapat. Beberapa ada yang lebih lama dari waktu tersebut, di Foto Wedding Bandung membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Namun untuk file foto dalam bentuk DVD atau flashdisk, Anda bisa mendapatkannya seminggu setelah acara.
  13. ” Akankah saya mendapat softcopy semua file ? “
    Jawabannya harus YA, you pay for that. Tapi pastikan bahwa Anda memang akan mendapatkannya.
  14. ” Berapa jumlah yang akan di cetak dan apakah termasuk dalam album ? “
    Anda harus benar – benar memahami paket yang Anda pilih dan mengulangnya untuk memastikan bahwa akan mendapatkan sesuai dengan yang ada pada paket. Soal album jika Anda bertanya dan fotografer Anda menjawab YA, maka tidak ada salahnya meminta untuk melihat sample album.
  15. ” Akankah foto saya digunakan untuk iklan ? “
    Pernah terpikirkah oleh Anda tiba – tiba foto pernikahan Anda ada pada sebuah baligho ? Itu mungkin saja bukan ? Jadi tak ada salahnya menanyakan hal ini. Foto Wedding Bandung sendiri terbuka jika klien tidak ingin foto pernikahan mereka tampil di sosial media.
  16. ” Perlukah saya menyiapkan rundown ? “
    Jawabannya kemungkinan besar adalah YA, karena adanya rundown akan sangat membantu.
  17. ” Apa yang akan anda kenakan saat memotret nanti ? “
    Ini tak kalah penting, biasanya jika tak ada permintaan khusus. Fotografer akan mengenakan seragam dengan brand mereka. Kecuali jika Anda memintanya, pengalaman kami rupa – rupa soal ini. Ada yang meminta kami memakai outfit casual, batik seragam, batik tidak seragam, polo shirt, jas bahkan ada yang meminta kami memakai baju casual dan berbaur dengan tamu. It’s up to you.
  18. ” Incase terjadi emergency pada Anda dan Anda tidak bisa memotret pernikahan saya, bagaimana rencana Anda ? “
    Seriously you must ask this bride ! Kami pernah di hubungi untuk memotret wedding yang acaranya adalah 2 hari lagi karena fotografer menghilang. Yang menghubungi kami adalah klien, bukan fotografer lagi. Kami sendiri selalu menyiapkan tim pada kondisi terburuk, in case tim yang harusnya berangkat mengalami keadaan emergency, kami menyiapkan rencana B yang biasanya kami beritahukan kepada klien saat dealing berlangsung.
  19. ” Perlukah DP, dan bagaimana sistem pembayaran ? “
    Kebanyakan vendor wedding termasuk kami, Foto Wedding Bandung akan menjawab YA. Dan mengenai pelunasan, biasanya fotografer akan meminta lunas di awal.
  20. ” Bagaimana syarat dan ketentuan jika terjadi cancel ? “
    We sad to said this, tidak ada yang menginginkan acara pernikahan dibatalkan. Tapi pada kenyataannya ini bisa saja terjadi. Namun tidak selalu mengenai pernikahan yang batal, ada juga keputusan cancel karena pindah venue wedding menjadi di luar kota. Cancel policy setiap vendor tentu berbeda – beda. Foto Wedding Bandung sendiri mengenakan cancel policy di mana jika cancel terjadi maka DP hangus, beberapa rekan kami dari vendor foto lainnya ada pula yang menerapkan bahwa ada aturan pembayaran 50% terutama jika cancel dilakukan menjelang hari H.

Cukup lengkap bukan untuk Anda yang sedang mencari fotografer pernikahan tentang apa yang harus Anda tanyakan saat Anda merasa chemistry pada tim foto dan video telah kuat. Selain itu, yang Anda tanyakan pasti lebih dari 20 di atas. Namun yang 20 di atas ini jangan sampai terlewatkan ya.

Lihat juga:

Spread the love
  • 34
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2
Leave a Reply

Leave a Reply

  Subscribe  
newest oldest
Notify of
trackback

[…] Baca juga : 20 Pertanyaan Sebelum Menentukan Fotografer Pernikahan  […]

trackback

[…] Menentukan Fotografer Pernikahan, Ajukan Dulu 20 Pertanyaan Ini […]