Wedding Tradisional : Huap Lingkung, Lebih Dari Sekedar Nasi Punar

Foto Wedding Bandung – Berada di tanah sunda yang kental dengan tradisinya, sebetulnya setiap daerah di Indonesia sendiri memiliki tradisi dalam upacara pernikahan yang keseluruhannya unik dan kaya makna. Di tanah sunda sendiri, ada beberapa upacara adat yang sering dan pasti familiar jika melihat fotonya. Nah dari sekian banyak upacara adat tradisional yang dilakukan adalah huap lingkung yang tak pernah absen ada dalam sessi upacara wedding tradisional sunda.

Upacara Adat Huap Lingkung, Lebih Dari Sekedar Nasi Punar

foto wedding bandung - tradisional wedding
Huap Lingkung

Pada dasarnya huap lingkung adalah saling menyuapi yang disaksikan oleh sanak keluarga untuk pertama kali nya. Dengan filosofi bahwa suami istri sejak saat itu akan saling menyayangi dan berbagi satu sama lain. Selain suapan antara suami istri, huap lingkung juga identic dengan suapan orangtua pada anak dan menantu, dengan makna bahwa suapan tersebut adalah suapan terakhir dari orangtua kepada anak yang akan melepas si anak untuk menjalani hidup yang baru.

Pada upacara huap lingkung ini juga mertua menyuapi menantu untuk pertama kalinya sebagai simbol bahwa orangtua akan menyayangi menantu seperti anak sendiri, begitupun sebaliknya.

Pemandangan kedua pengantin yang saling menyuapi ini kaya makna. Pada prakteknya sering kali jadi sessi yang indah sekali untuk dilihat, tawa bahagia bercampur dengan malu – malu biasanya terlihat jelas di wajah kedua mempelai. Pada prosessi ini biasanya dilengkapi juga dengan sessi pabetot – betot bakakak.

foto wedding bandung - tradisional wedding
Pabetot – betot bakakak
foto wedding bandung - tradisional wedding
Pabetot – betot bakakak
foto wedding bandung - tradisional wedding
Bagian kecil dari ayam bakakak yang dimakan berdu

Pabetot – betot bakakak atau ayam goring yang digoreng utuh punya makna tersendiri pula, pengantin akan sama – sama memegang bagian paha ayam dan menariknya secara bersamaan. Ada mitos yang berkembang katanya mempelai yang mendapat bagian yang lebih besar adalah ia yang membawa rezeki. Dan bagian ini biasanya disimpan, sedangkan bagian yang kecil kembali dimakan bersama – sama dengan makna bahwa besar kecilnya rezeki akan disyukuri dan dinikmati bersama.

Baca juga : 20 Pertanyaan Sebelum Menentukan Fotografer Pernikahan 

Foto Wedding Bandung, dengan lokasi kantor yang memang berada di Bandung sudah sangat berpangalaman dalam mengabadikan moment wedding tradisional terutama upacara adat huap lingkung. Setiap pengantin yang menjadi klien kami dan menggelar upacara adat, kami dokumentasikan sebaik mungkin. Prosessinya boleh sama, filosofi nya juga tak jauh berbeda tapi setiap ekspresi yang tercipta dan suasana yang tercipta selalu punya cerita sendiri.

Bagaimana dengan Anda, bagaimana rencana pernikahan Anda akankah digelar dengan mengangkat tradisi atau digelar secara modern ? Pastikan kami, Foto Wedding Bandung adalah tim foto dan video yang Anda pilih. Anda bisa menghubungi kami melalui kontak whatsapp 085956554665 atau email office@fotoweddingbandung.com

Foto Wedding Bandung

Lihat juga:

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Leave a Reply

wpDiscuz